Home Sumatera Selatan LAHAT LAHAT raih Katergori Kota Sedang dari Kementerian LH

LAHAT raih Katergori Kota Sedang dari Kementerian LH

28
0

LAHAT-(ANTERO SUMSEL)- Pemerintah Kabupaten Lahat melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH)berhasil meraih nilai P.I 75.25, TPA P.I 74.41untuk katergori Kota sedang

Tahap pertama (P1) yang di berikan oleh Tim penilai Kementerian Lingkungan Hidup (KLH).

Mengacu pada penilaian ini,Pemerintah Kabupaten Lahat melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Lahat, beserta instansi terkait terus melakukan pembenahan dibeberapa titik pantau, agar pada saat penilaian selanjutnya (P2), dapat perolehan poin lebih baik dari sebelumnya” hal ini diterangkan Ir, Misri, MT Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Lahat.

Ditambahkan Budi Utama”Kepala Bidang pengelolaan sampah dan limbah menurutnya jika pada saat penilaian P2 nilainya dibawa P1 maka tentu saja Kabupaten Lahat dipastikan tidak akan mendapatkan Adipura kembali ,” Ujar Budi.

“Untuk memacu peningkatkan angka P2 agar lebih tinggi dari P1 maka itu pihaknya telah melakukan langka-langka seperti membina kelompok Bank sampah.

“Salah satu langka yang telah kita ambil yaitu membina kelompok Bank sampah, dan kelompok atau pun komunitas pegiat lingkungan di Lahat” tutur Budi.

Saat ini Untuk Bank Sampah binaan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) saat ini sudah ada beberapa kelompok seperti, Bank Sampah unit Ulas Sari Bunga Mas, unit RDPJKA dan lain-lain.

Penilaian akan di lakukan secara senyap oleh tim penilai dari KLM, dari berbagai titik pantau, seperti SD, SMP, ruang terbuka hijau, Bank sampah, dan juga Tempat Pembuangan Sampa (TPA) yang terletak di Desa Suka Rame Gumai Talang.

KLHK mereformulasi penghargaan Adipura dengan strategi Rebranding Adipura 2018. Aturan dan kriterianya lebih ketat, jadi bukan hanya penghijauan dan kebersihan saja yang dinilai,”ujar Budi

Di penilaian berikutnya nanti, para bupati/walikota nominator penerima Adipura melakukan presentasi dan wawancara di depan Dewan Pertimbangan Adipura, praktisi pengelolaan sampah dan bidang pemasaran, pejabat KLHK, akademisi perguruan tinggi, lembaga swadaya masyarakat.

“Untuk meraih piala adipura tersebut tidaklah mudah, maka dari itu kita berharap peran serta atau kerjasama pemerintah Kabupaten Lahat,agar piala adipura yang ketujuh bisa singgah di Kabupaten Lahat yang kita cintai,”tutup Budi.(Ags)

Editor : Banu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here