Home Sumatera Selatan LAHAT Unjuk Rasa “Warga Desa Banjarsari Ancam Tutup Paksa  PT. Banjarsari Pribumi

Unjuk Rasa “Warga Desa Banjarsari Ancam Tutup Paksa  PT. Banjarsari Pribumi

29
0

LAHAT-(ANTERO SUMSEL)-Diduga telah membebaskan lahan warga melalui makelar tanah, warga Desa Banjarsari Kecamatan Merapi Timur Kabupaten Lahat gelar aksi demo serta ancam menggugat dan menutup operasional PT. Banjarsari Pribumi yang bergerak dalam ekplorasi barubara di Kabupaten Lahat Provinsi Sumatera-Selatan.

Dari informasi dilapangan diduga sebagian besar tanah warga yang belum diganti rugi telah dirampas dan dirusak oleh PT. Banjarsari Pribumi.

Hal ini diungkapkan warga Desa Banjarsari saat unjukrasa  di halaman Pemerintah Kabupaten Lahat, Rabu (21/3) mereka menuntut pemerintah Kabupaten Lahat dapat membantu rakyat untuk mendesak PT. Bajarsari mengganti rugi tanah mereka yang telah dirampas oleh PT. Banjarsari.

Koordinator aksi Ahmad Fadillah mengatakan bahwa kurang lebih 72 hektar tanah milik warga dirampas oleh PT. Banjarsari pribumi yang dipimpin oleh Emil Mantovani Zaman group dari Titan.

“Lahan kami belum diganti rugi, sedangkan PT. Banjarsari pribumi sudah merusak lahan tersebut, kami mendesak agar PT. Banjarsari pribumi mengganti kerugian warga Desa Banjarsari,” kata Fadillah.

Warga juga mengharapkan agar pemkab Lahat berpihak kepada masyarakat. Seluruh warga Desa Banjarsari akan menutup dengan paksa PT. Banjarsari Pribumi jika tuntutan mereka tidak direalisasikan.

Selain itu juga warga menyayangkan sikap Pemerintah Kecamatan  yang cenderung berpihak kepada perusahaan.

Ironisnya saat ratusan warga berdemonstrasi, tak satupun anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Lahat menemui masyarakat Desa Banjarsari.

Sementara 5 orang anggota Dewan berasal dari Merapi area, tapi tak satupun yang datang menemui kami apalagi menolong kami, mereka menganggap kami tidak ada,” kata Fadillah.

Aksi unjuk rasa ini melibatkan  500 orang warga Desa Banjarsari , sampai berita ini diturunkan warga masih berorasi di halaman kantor Pemerintah Kabupaten Lahat. (Ags)

Editor : Banu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here