Home Sumatera Selatan EMPAT LAWANG Data DPS Tak Singkron’Ratusan Warga Datangi Kantor KPUD dan PANWASLU Empat Lawang

Data DPS Tak Singkron’Ratusan Warga Datangi Kantor KPUD dan PANWASLU Empat Lawang

213
0

EMPAT LAWANG-(ANTERO SUMSEL)-Ratusan masyarakat yang berasal dari 10 Kecamatan di Kabupaten Empat Lawang mendatangi Panwaslu dan KPUD Kabupaten Empat Lawang,mempertanyakan kinerja KPUD dan Panwaslu Kabupaten Empat Lawang dalam pemutahiran data pemilih yang diduga tak singkron dengan data DPS.(2/4).

Dipimpin Kms. Ali Akbar, ST masyarakat Kabupaten Empat Lawang mempertanyakan kinerja KPUD dan Panwaslu Kab, Empat Lawang dalam pemutahiran data Pemilih yang tak singkron dengan data DPS.

Sementara Ketua Panwaslu Empat Lawang Rudianto, SP, yang menyambut para demonstran menyambut baik kedatangan masa aksi yang turut mengawasi pengumuman DPS oleh KPUD Empat Lawang.

“Ia meminta agar masyarakat dapat membuat laporan secara resmi tentang pengumuman Daftar Pilih Sementara (DPS) ini kepada Panwascam dan atau ke Panwaslu Empat Lawang. Dan menjamin laporan masyarakat tersebut akan ditindak lanjuti secepat mungkin”kata Rudianto .

Setelah masa aksi diterima oleh Ketua Panwaslu Empat Lawang, masa aksi tersebut melanjutkan aksinya ke KPUD Empat Lawang.

Di halaman KPUD Empat Lawang, masa aksi diterima oleh sekretaris KPUD Empat Lawang Rasydi,karena Empat orang Komisioner KPUD Empat Lawang tengah tugas di Luar Kota.

Diterangkan Rasyid Sekretaris KPUD Empat Lawang bahwa, Saat ini, 4 (Empat) Orang Komisioner KPUD Empat Lawang sedang berada di Jakarta, untuk berkonsultasi kepada KPU RI mengenai hasil Keputusan PTUN Medan yang memenangkan Paslon Noto dan Kisom, untuk itu dirinya mohon maaf, karena Komioner KPUD empat Lawang tidak dapat menemui masa aksi yang datang ke KPUD Empat Lawang”terangnya

Namun demikian Ia menghargai kedatangan masa aksi ke KPUD Empat Lawang untuk turut mengawasi dan mencermati pengumumana DPS oleh KPUD empat Lawang.

Selanjutnya Rasyid mengharapkan agar masa aksi dan masyarakat empat lawang pada umumnya dapat melaporkan kepada PPS di Desa dan Kelurahan masing-masing agar mayarakat yang belum terdaptar di DPS dapat diperbaiki sebelum penetapan DPT.

Menindak lanjuti hal ini awak media mengkonfirmasikan masalah ini kepada Panji Patria Negara, Kasubbag Program dan Data KPUD Empat Lawang.

Dalam keterangannya”Panji Patria Negara menjelaskan bahwa, hal ini terjadi karena, PPS kurang teliti dalam memasukan Kode data penduduk seperti, kode penduduk meninggal, penduduk pindah dll.

Kemudian banyaknya elemen kosong pada data DP4 yang diterima KPUD Empat Lawang, seperti DP4 yang NIK penduduk Kosong atau Nomor KK yanh tidak ada.

Selain itu untuk pemilih baru yang tidak terdapat dalam DP4 belum ditulis ke form oleh PPS karena keterbatasan waktu, sehingga ketika data Pemilih di input ke Sidalih KPU RI, maka hasilnya seperti yang terjadi sekarang ini”kata Panji .

Mencuatnya persoalan ini dikarenakan warga karena Daftar Pemilih Sementara (DPS) yang dikeluarkan oleh KPUD Empat Lawang disinyalir tidak sinkron dengan data yang telah dibuat oleh Petugas Pemutahiran Data Pemilih (PPDP) di Kelurahan Tanjung Makmur Kecamatan Tebing Tinggi Kabupaten Empat Lawang.

Sementara daftar Pemilih Sementara (DPS) yang dikeluarkan oleh KPUD Empat Lawang tersebut telah dipasang di seluruh TPS,termasuk di Kelurahan Tanjung Makmur Kecamatan Tebing Tinggi Kabupaten Empat Lawang,

Dari informasi yang dihimpun dilapangan data DPS yang dikeluarkan oleh KPUD Empat Lawang diduga adalah data DPS tahun 2013 yang lalu.

Ternyata dalam data tersebut ada salah satu Kampung yang belum masuk dalam Kelurahan yang lama. Padahal saat ini Kampung tersebut sudah menjadi wilayah Kelurahan yang lain.

Sementara petugas PPDP yang telah untuk memutarkan data pemilih sekitar Februari 2018 telah memisahkan data pemilih tersebut sesuai dengan wilayah Kelurahan yang sekarang.

Selain itu ada juga warga yang sudah didata oleh PPDP tetapi dalam DPS yang dikeluarkan oleh KPUD Empat Lawang namanya tidak  termasuk dalam DPS tersebut.

Seperti Jauhari salah satu warga Kelurahan Tanjung Makmur Kecamatan Tebing Tingi Kabupaten Empat Lawang yang mempertanyakan mengapa KPUD Empat Lawang mengeluarkan data yang diduga adalah data DPS tahun 2013 yang lalu.

Jauhari juga mempertanyakan karena hak pilihnya tidak tercantum dalam DPS tersebut.

Ketika hal ini dikonfirmasikan kepada Taufik Operator PPK Kecamatan Tebing Tinggi ,Ia membenarkan ada ketidak singkrondata DPS KPUD Empat Lawang dengan data hasil PPDP yang telah mereka kerjakan.

“Kami kasian dengan petugas PPDP yang telah bekerja untuk Pemutahiran data pemilih serta mencocokannya dengan coklit KPUD. Tapi sepertinya hasilnya, kerja PPDP tidak digubris oleh KPUD Empat Lawang.

Padahal mereka bekerja siang dan malam untuk memutahirkan data Pemilih ini “keluh Taufik . (Fiq)

Editor : Banu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here