Home Ekobis Proyek SPAM Air Bersih Lubuk Raja serap Anggaran 41 Milliar.

Proyek SPAM Air Bersih Lubuk Raja serap Anggaran 41 Milliar.

33
0

BATURAJA-(ANTERO SUMSEL)- Serap Anggaran Rp 41 Miliar,pembangunan sarana dan prasarana air bersih Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu diwilayah Kecamatan Lubuk Raja,dimulai dengan peletakan batu pertama.

Diterangkan Direktur PDAM OKU, H Abi Kusno SE MM, didampingi Asril Kabag Teknis” Alhamdulilah kini pengerjaan pembangunan sarana dan prasarana air bersih PDAM OKU untuk masyarakat se-Kecamatan Lubuk Raja telah dimulai proses pengerjaan nya.

Target awal tahun 2019 nanti semuanya sudah selesai dan sudah bisa difungsikan untuk melayani pelanggan diwilayah Kecamatan Lubuk Raja yang telah antusias menanti kita untuk beroperasi,”Kata Abi Kusno.

Dana pembangunan Spam Kecamatan Lubuk Raja ini dianggarkan dari dana pusat yakni APBN murni dari Satuan Kerja Air Bersih sebesar Rp 20 miliar, APBN murni dari satker balai besar Sumber Daya Air Wilayah delapan Sumbagsel Rp16 miliar serta bantuan Provinsi Sumsel dari Dinas Perumahan Pemukiman Rp 1,5 miliar, ditambah dana APBD OKU tahun 2018 sebesar Rp 4 miliar.

Dengan total anggaran mencapai Rp 41 miliar. Yang telah lama diajukan dan diusulkan pihaknya ke pusat maupun provinsi yakni sejak awal tahun 2016-2017.

“Anggaran Rp 41 miliar tersebut hanya merupakan tahap awal yang terlealisasi untuk tahun 2018 ini. Kalau anggaran total untuk pengembangannya nanti sebesar Rp 70 Miliar.

Dengan dana yang sudah ada sekarang yakni sekitar Rp 41 Miliar ini nantinya akan dibangun untuk pembuatan Intake pompa yang berlokasi di Desa Lubuk Batang Baru dengan sumber air baku dari sungai Ogan.

Sedangkan untuk Instakasi Pengolahan Air, dibangun dilokasi Batumarta Unit 2, 3 Desa Lekis Rejo, serta pembangunan booster di Batumarta Unit 2. Yang berkapasitas distribusi dengan kekuatan air 60 liter kubik/detik”katanya.

Dengan kapasitas, Sambung dia, 60 liter/detik tersebut mampu melayani 4800 pelanggan, tapi untuk sementara ditahap awal nanti karena keterbatasan jaringan kita hanya mampu melayani sekitar 10ribu pelanggan.

Dan akan terus kita tingkatkan ke tahun-tahun berikut nya sesuai target kita mencapai 4800 pelanggan. Karena di wilayah Kecamatan Lubuk Raja ini sangat rawan sekali air bersih, apa lagi saat musim kemarau sering terjadi kekeringan. Harapan kami dengan ada pembangunan sarana air bersih ini, masyarakat di seputaran Lubuk Raja bisa meningkatkan lagi pola hidup bersih dan sehat, serta memanfaatkan nya dengan baik,”tutup Abi Kusno.(luck)

Editor : Banu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here