Home Pendidikan Pemprov Sumsel Hibahkan Lahan Untuk Bangun Gedung FK Unsri Termodern dan Tercanggih

Pemprov Sumsel Hibahkan Lahan Untuk Bangun Gedung FK Unsri Termodern dan Tercanggih

88
0

PALEMBANG-(ANTERO SUMSEL)-Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan  menghibahkan lahan kepada Kementrian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti).

Lahan yang berada di area RSUD Provinsi Sumsel ini nantinya akan dibangun gedung Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Sriwijaya (Unsri) termodern dan tercanggih di Indonesia.

Menristekdikti, Mohammad Nasir, menerima secara langsung hibah lahan bantuan tersebut yang diserahkan Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin, sekaligus menandai groundbreaking alias peletakan batu pertama pembangunan Gedung FK Unsri, Sabtu (12/5).

Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin, merasa optimis FK Unsri di lokasi ini akan menjadi gedung FK paling modern dan tercanggih di Indonesia. “Ini akan jadi teaching hospitalnya,” ujar Alex Noerdin.

Orang nomor satu di Sumsel ini mengaku prihatin dengan kondisi gedung FK Unsri sekarang ini yang berada di belakang Gedung RSMH Palembang. Menurutnya untuk menuju world class university atau universitas kelas dunia, Unsri memerlukan sarana dan prasana pendidikan yang berkelas.

Dari FK Unsri ini,  Alex Noerdin optimis akan menghasilkan tenaga kesehatan yang bertaraf internasional. Diapun menargetkan masyarakat Sumsel bahkan masyarakat Indonesia cukup berobat ke Sumsel karena fasilitas kesehatan serta tenaga kesehatannya sudah bertaraf internasional.

” Target pertama kedepan, tidak ada lagi masyarakat yang berobat ke Singapura, Malaysia. Cukup berobat kesini (Palembang) karena lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Sriwijaya berstandar internasional,” ujar Alex.

Target keduanya, lanjut Alex, justru masyarakat dari negara tetangga yang akan berobat ke Sumsel. “Target keduanya, wong Singapura, wong Malaysia yang berobat kesini. Karena rumah sakitnya sama bagusnya, peralatan canggih, dokter berstandar internasional, nurse nya cantik-cantik,” ujarnya.

Gubernur yang telah  menjadikan pembangunan di Sumsel berkembang pesat itu memaparkan,  lokasi lahan yang dihibahkan yang akan dibangun Gedung FK Unsri termodern itu berada di kawasan yang strategis dimana terintegrasi dengan RSUD Provinsi Sumsel, RS Mata, RS Mulut dan Gigi.

” FK Unsri akan menjadi FK yang terbaik di luar Pulau Jawa. Bahkan FK Unsri akan menyaingi Universitas Indonesia (UI) dan Universitas Gajah Mada (UGM). Bahkan bukan hanya terbaik di dalam negeri tapi juga di luar negeri,” pungkas Alex.

Sementara itu, Menristekdikti Mohmmad Nasir berterimakasih atas hibah lahan yang diberikan Pemprov Sumsel kepada Kemenristekdikti.  Dia berharap Gedung FK Unsri akan melahirkan tenaga kesehatan yang berstandar internasional seperti yang diimpikan Gubernur Sumsel.

Saat ini, masih kata Menristekdikti, kebutuhan dokter di Indonesia sangat besar. Rasio dokter di Indonesia 1 berbanding 2.250. (1:2.250). Sementara di Singapura 1 berbanding 250 (1:250). Artinya 1 orang dokter kata dia melayani 2.250 masyarakat Indonesia.

Menurutnya, untuk memenuhi jumlah dokter yang dibutuhkan Indonesia harus bergerak cepat. Maka itu Universitas Sriwijaya harus bergerak cepat.

Menjadi universitas world class. “Berawal dari mimpi, saya mengapresiasi apa yang disampaikan pak Gubernur. Semoga ini menjadi universitas internasional, dan RS nya menjadi rujukan internasional,” harap Menristekdikti.(sihat)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here