Home Info Palembang Tim Advokasi Laporkan Lurah 5 Ilir ke Panwas Karena Diduga Memihak Salah...

Tim Advokasi Laporkan Lurah 5 Ilir ke Panwas Karena Diduga Memihak Salah Satu Calon

31
0

PALEMBANG-(ANTERO SUMSEL)-Lurah 5 Ilir, Muhammad Yusuf yang dilaporkan tim advokasi paslon nomor urut 2 ke Panwaslu Kota Palembang. Mengapa?

Ternyata ada dugaan Yusuf yang merupakan aparatur sipil negara (ASN) dan pejabat publik itu ikut terlibat politik praktis Pemilihan Walikota Palembang.

Dia ditengarai bertindak tidak netral dan condong mendukung salah satu calon Walikota di Pilkada Palembang. Yusuf dilaporkan tim pemenangan Cawako-Cawawako Nomor urut 2 itu pada Kamis (24/05). Selain itu ASN tidak boleh ikut berpolitik apalagi melakukan penggalangan massa.

Hal ini diungkapkan Karel Iskandar Kurniawan SH, tim advokasi paslon nomor dua usai membuat laporan di Kantor Panwaslu Kota Palembang, Kamis (24/05).

Hari ini kita kembali melaporkan tindakan oknum ASN di Pemkot Palembang tepatnya oknum Lurah 5 Ilir yang kita duga bertindak tidak netral atau berpihak kepada salah satu paslon Walikota Palembang,” kata Karel di dampingi rekannya, Asabella Liberty SH.

Diakui Karel, mereka mendampingi Syovinal selaku Ketua RT 18 di Kelurahan 5 Ilir yang bertindak sebagai pelapor. ”Hari ini kita mendampingi saudara Syovinal selaku ketua RT 18 di kelurahan 5 Ilir Palembang yang memiliki bukti ketidaknetralan oknum lurah tersebut dan saya menjelaskan bawah perbuatan atau tindakan yang dilakukan ASN selaku Lurah 5 Ilir tersebut merupakan pelanggaran dan sikap tidak baik bagi kesadaran berpolitik dalam negara hukum.

Hal itu tentu dapat dikualifikasikan sebagai bentuk kemunduran dari pemahaman sebagai aparatur sipil negara yang diatur dalam aturan hukum UU tentang ASN, ” jelas Karel.

Dia ( Karel) berharap pihak panwas dan pihak terkait dapat  bertindak tegas dan tidak tebang pilih dalam menindak perbuatan yang tidak mencerminkan konstitusi yang dilakukan ASN khususnya.

Saya kira cukup baik tanggapan dari pihak penyelenggara dalam hal ini panwas Kota Palembang yang telah memberikan keleluasan dalam memberikan informasi dan fasilitas saat kita mendatangi kantor Panwaslu kota Palembang ,” ungkapnya .

Hari ini pihak pelapor akan menyerahkan barang bukti ketidaknetralan terlapor ke Panwas Kota Palembang. Bukti dimaksud  berupa rekaman video dan screenshoot WA Lurah 5 Ilir Palembang. (tim/krw)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here