Home Info Palembang SMP Adabiyah Palembang Kedepankan Pendidikan Berkarakter

SMP Adabiyah Palembang Kedepankan Pendidikan Berkarakter

619
0

PALEMBANG-(ANTERO SUMSEL)-Kedepankan pendidikan agama, SMP Adabiyah Palembang tidak memiliki perbedaan dengan sekolah-sekolah umum mengingat semua sekolah memiliki tujuan yang sama yaitu untuk mencerdaskan kehidupan bangsa.

“Diterangkan Kepala SMP Adabiyah Palembang Ibnu Mukti”dalam pola pembelajaran ada kisi materi yang hanya didapat di sekolah agama dan tidak kita dapatkan di sekolah umum. Sebaliknya begitu juga ada kisi materi pembelajaran yang didapatkan di sekolah umum namun tidak diperoleh di sekolah agama”terangnya.

Dalam terapan program pembelajaran di tingkat SMP antara materi umum dan agama perbandingannya adalah 60: 40. Selain materi umum materi yang kita kedepankan antara lain ada aqidah (Tauhid), Ahlaq(adab) ,fiqh(hukum Islam),Sejarah Islam(Tareh) dan bahasa Arab yang menjadi salah satu mata pelajaran mata uji lokal dan wajib.

Begitu juga dengan mata pelajaran Alquran baca tulis dan pemahaman,materi ini juga menjadi bagian terpenting yang akan dipelajari siswa”ungkapnya.

“Diakui Ibnu bahwa adaptasi anak didik yang dari Sekolah Dasar, berbeda dengan adaptasi anak didik yang berasal dari Madrasah Ibtidaiyah terangnya. Untuk membantu mereka yang dari Sekolah Dasar kita buat kelompok dalam pembelajaran,guna mempercepat proses adaptasi anak didik.

Untuk saat ini jadwal belajar aktif dimulai sejak pukul 7.00 wib pagi hingga pukul 13.00 wib. Kegiatan lainya seperti ekstrakurikuler juga dibuat kelas tersendiri untuk pemahaman bidang Alquran “khususnya.

Kegiatan ekstrakurikuler lain seperti Paskibraka,Pramuka juga kita selenggarakan sesuai programnya.

Pada tahun ajaran baru 2018, SMP Adabiyah Palembang membatasi hanya 120 siswa baru.
Begitu juga untuk Ujian Unbk di tahun 2018 ini kita baru mulai ikuti ujian UNBK. Sekolah juga telah miliki Laboratorium komputer .

Tenaga pendidikan ada 26 orang ,sementara tenaga pendidik yang telah PNS ada 7 Orang .
Prestasi yang telah diraih SMP Adabiyah Palembang yaitu juara Dai Daiyah tingkat Kota Palembang juara satu tahun 2017-2018. Juara Tahfiz di tahun 2018 dan JuaraTilawah tingkat Kota Palembang masuk 10 besar”tutup Ibnu Mukti.(why)

Editor : Banu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here