Home Sumatera Selatan LAHAT Lulusan AKN Lahat Tak Terserap Dibursa Tenaga Kerja

Lulusan AKN Lahat Tak Terserap Dibursa Tenaga Kerja

44
0

LAHAT-(ANTERO SUMSEL)-Minimnya penyerapan tenaga kerja bagi lulusan D2 Akademi Kejuruan Negeri (AKN) Kabupaten Lahat,menambah jumlah total angka pengangguran di Kabupaten Lahat.

Sementara sejak berdirinya Akademi Kejuruan Negeri ini pada tahu 2013 lalu, AKN Lahat sudah mewisuda 285 alumni. Tahun depan AKN Lahat juga akan mewisuda angkatan ke 3 sebanyak 115 mahasiswanya.

Sayangnya ratusan Alumni AKN,hingga kini belum mendapatkan pekerjaan sesuai dengan pendidikan yang. Bahkan tidak sedikit lulusannya pulang lagi ke desa asal,karena tidak terserap untuk bekerja .

Diterangkan koordinator AKN Lahat Abdurahman S.Pd, MM melalui Humasnya, Bunga,dirinya tidak menampik jika banyak alumni AKN belum terserap dalam belum terserah dalam bursa tenaga kerja.

“Prodi yang ada di AKN ini sudah melengkapi kebutuhan ketenagakerjaan untuk di pertambangan. Seperti perawatan alat berat, elektro PLTU dan teknik pertambangan batu bara.

Sayangnya semua lulusan AKN tidak dapat tersalurkan di perusahaan pertambangan yang ada di Kabupaten Lahat,” ungkapnya.

Ditamvahkan Bayu, Dosen Perawatan Alat Berat juga mengatakan, berbicara soal fasilitas praktek di AKN ini sudah sangat memadai. Tentunya itu sangat menunjang untuk peningkatan SDM yang siap pakai”terangnya.

Sementara itu, Alumni AKN Angkatan pertama yang namanya enggan dipublikasikan mengaku, setelah lulus dari AKN sampai saat ini masih bingung mencari pekerjaan. Bahkan dirinya sempat melamar disejumlah perusahaan pertambangan namun tidak diterima.

Saya berminat kuliah di AKN itu karena akan disalurkan ke perusahaan tambang, tapi setelah lulus belum ada penyaluran tenaga kerja”keluhnya.(Ags)

Editor : Banu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here