Home Sumatera Selatan OKU Peserta UKW Gugup Ikuti Tes Teori Uji Kompetensi Wartawan

Peserta UKW Gugup Ikuti Tes Teori Uji Kompetensi Wartawan

125
0

BATURAJA-(ANTERO SUMSEL)-Para peserta Uji Kompetensi Wartawan yang digelar oleh Persatuan Wartawan Indonesia(PWI) Kabupaten OKU, Jumat(5/10)dibuat gugupoleh salah satu tim penguji dari tim Dewan Pers.

Seperti diakui Eko Jurianto(23)wartawan media Global news,asal Pali mengaku gugup saat pembekalan materi Uji Kompetensi yang disampaikan oleh salah satu tim penguji.

Saya baru ikut UKW tinggkat Muda tapi bingung dan cemas dengan Abang penguji dari Komisi Penyiara Sumatera Utara Bang Syahril”katanya.

Tapi In Shaa Allah saya telah menyiapkan diri dan belajar secara teori untuk ikuti UKW ini” terang Eko .

Begitu juga dengan Giarto(27)wartawan Harian OKU Selatan Pos group JPNN mengaku juga alami kesulitan dalam tes teori.

Menurutnya kegiatan jurnalistik langsung praktek itu lebih mudah dan cepat diterapkan. Dan untuk tes UKW secara teori diakunya agak susah juga”terangnya .

Sementara H Firdaus Komar salah satu tim penuji UKW tinggkat Muda mengatakan bahwa” UKW tugas jurnalistik sehari-hari, on the track, ya biasa saja. Mungkin bagi yang belum biasa ikuti perencanaan liputan, pengaturan rubrikasi berita, wawancara terjadwal, atau wawancara cegat. Dan semuanya dihasilkan dari hasil tulisan yang dibuat.

Sementara Syahril Tim Penguji dari Komisi Penyiaran Sumatera Utara saat dikonfirmasi tekait hal ini”hanya tersenyum..

Menurut Syahril”ngak ada yang perlu ditakutkan dalam UKW. Semua ujian yang ditampilkan adalah keseharian kegiatan jurnalis yang sudah biasa dilakukan wartawan dilapangan.

Uji Kompetensi Ini untuk meminggkatkan keprofesionalan wartawan yang terukur dan terstuktur dalam menerapkan ilmu jurnalistik. Dan ProvinsiSumatera Selatan adalah pengagas Uji Kompetensi Wartawan di Indonesia.

Menjadi wartawan ya harus profesional, dan ini standar yang harus dimiliki para jurnalistik untuk mampu bersaing diera globalisasi”terangnya.(noe)

Editor : Banu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here