Home Berita Unik Nikmati Jajanan Khas Sigi di Desa Peunu Provinsi Sulteng

Nikmati Jajanan Khas Sigi di Desa Peunu Provinsi Sulteng

344
0

SIGI-(ANTERO SUMSEL)-Ragam kuliner dan jajanan pasar di Desa Peunu, Kecamatan Dolo Barat,Kabupaten Sigi Provinsi Sulawesi Tengah selain memiliki nama yang unik juga memiliki rasa khas tersendiri yang wajib dicicipi, saat kita mengunjungi Kabupaten Sigi Provinsi Sulawesi Tengah.

Bahan ketan dan gula yang dipadu dengan adonan yang sempurna menjadikan kuliner dan jajanan pasar ini, tetap setia menemani saat minum teh bersama.

Diterangkan Roseta(40)pembuat dan penjaja ragam jajanan kuliner panganan seperti roko-roko, donat, topu-topu, bolu-bolu, lemo-lemo, cicur,Kalopa, putu ambon,onde-onde,gogose tersusun rapi menghiasi jajanan pasar di pasar Kalege Kabupaten Sigi”terangnya.

Semua panganan ini kita buat sendiri, dan langsung dijajakan kepasar setiap hari. Pembuatan dan menjajakan panganan kuliner ini, telah lama ditenkuni.

Pasar diarea Kabupaten Sigi, adalah pasar tradisional yang hanya satu minggu sekali dibuka, khususnya hari Kamis saja. Namun untuk menjajakan daganganya, beberapa pasar lainya seperti pasar kaleke, pasar bobo, pasar maranata, pasar marahbola”ungkapnya.

Begitu juga Nani(50)telah puluhan tahun memproduksi jajanan kuliner yang berbahan dasar ketan”ungkapnya.

Senada Asna(52)pedagang sayur masak,menambahkan bahwa masyarakat Palu menyukai sayur bunga pepaya, sayur babua, sayur nangka yang menjadi kuliner terangnya.

Jajanan dan Kuliner khas Kabupaten Sigi menjadi menu wajib bagi masyarakat lokal,jajanan ini sangat asik dinikmati saat bersama dan nikmati teh atau kopi tutup”Atlan Ranjogue.(Rip)

Editor : Banu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here