Home Berita Unik Mengintip Dapur Ina-Ina Suku Kaili di Tenda Pengungsian Donggala

Mengintip Dapur Ina-Ina Suku Kaili di Tenda Pengungsian Donggala

168
0

DONGGALA-(ANTERO)-Mengintip aktifitas Ina-Ina(Ibu.red)suku Kaili didapur umum kamp penampungan Desa Lombonga, membakar ikan jenis batu menjadi hal mengasikan bagi Ina-Ina yang berada dalam kamp penampungan Dusun 3 Desa Lombonga Kecamatan Balaisang Kabupaten Donggala Provinsi Sulawesi Tengah,Kamis(06/12).

Secara bergotong royong mereka menyiapkan menu masakan bagi para korban gempa dan tsunami yang masih bertahan ditenda.

Diterangkan Rahania(48)satu kali memasak sebanyak 10 kilo gram beras untuk setiap harinya. Sedikitnya ada 40 orang lebih yang harus diperhatikan kebutuhan makan dan minumnya.

Dalam satu hari kita memasak untuk tiga kali makan, yaitu makan pagi, siang dan malam hari”ungkapnya.

Untuk kebutuhan air bersih yang dimasak 60 liter untuk air minum, setiap harinya”kata Hikmah warga kamp tenda pengungsian. Disini ada tiga dapur umum, karena ada 150 tenda kamp pengungsian”jelasnya.

Usaha yang ditekuni Hikmah sebagai pedagang ikan, juga sebagai nelayan. Diakuinya rasa ragu untuk kelaut masih menjadi trauma baginya. Namun karena terpaksa kita tetap lakukan juga.

Kita bersatu dengan warga lainya untuk menghilangkan rasa trauma ini. Rumah saya retak-retak dan bagian dapurnya hancur. Harapan dengan pemerintah dibantu alat untuk tangkap, perahu juga. Kehidupan masyarakat disini 50 persen adalah nelayan”harapnya.(Rif)

Editor : Banu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here