Home Lintas Daerah Dihantam Banjir Desa Salua Kecamatan Kulawi Sigi Terendam Lumpur dan Kayu

Dihantam Banjir Desa Salua Kecamatan Kulawi Sigi Terendam Lumpur dan Kayu

402
0

SIGI-(ANTERO SUMSEL)-Dihantam hujan berkapasitas tinggi disertai angin kencang membuat area Desa Salua Kecamatan Kulawi, Kabupaten Sigi diterjang banjir bandang,Rabu(12/12).

Dari informasi yang dihimpun di tahun 2018 ini, Desa Salua tercatat telah12 kali diterjang banjir bandang. Banjir bandang pada hari Rabu(12/12) mengakibatkan kerusakan parah rumah warga, hingga terendam lumpur.

Diterangkan Komandan Kodim 1306/Donggala Letkol Kav I Made Maha Yudhiksa mengatakan bahwa aparat TNI tengah melakukan normalisasi sungai yang sebelumnya tersumbat material berupa kayu yang hanyut akibat banjir bandang tersebut.

Warga Desa Salua Kecamatan Kulawi, Kabupaten Sigi yang rumahnya terkena banjir dan tertimbun lumpur masih mengungsi ke area yang lebih aman. Warga mengungsi untuk mengantisipasi banjir susulan sewaktu-waktu.

“Sesegera mungkin kami memindahkan warga ke tempat yang lebih aman, karena di wilayah ini memang tidak layak huni karena merupakan bekas aliran sungai,” katanya saat mengevakuasi warga yang terdampak, Rabu (12/12/2018).

“Sebagian besar rumah warga di dusun tiga ini rusak berat sehingga tidak layak untuk dihuni lagi karena tertanam lumpur, sehingga kami sudah mengimbau kepada warga untuk segera pindah dari lokasi banjir”terangnya.

Sejumlah tenda pasien Rumah Sakit Lapangan (RSL) Baznas di Desa Maku juga roboh dihantam angin deras. Kondisi ini tidak mengurangi aktifitas RSL Baznas Sigi tetap melayani layanan kesehatan bagi masyarakat. (Rif)

Editor : Banu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here