Home Sumatera Selatan MUARA ENIM Dukcapil Muara Enim Musnahkan 13.804 E-KTP Rusak

Dukcapil Muara Enim Musnahkan 13.804 E-KTP Rusak

46
0

MUARA ENIM-(ANTERO SUMSEL)-Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Muara Enim, memusnahkan 13.804 Kartu Tanda Penduduk elektronik (e-KTP) yang rusak di halaman Kantor Dukcapil Muara Enim.

Diterangkan Plt. Kepala Disdukcapil Muara Enim Untung Susilo ketika dihubungi media ini,melalui pesan Whatsapp messager pribadinya mengatakan tujuan dimusnahkan e-KTP rusak tersebut.

Selain untuk menghindari hal-hal yang tidak dinginkan, juga untuk membuktikan kepada masyarakat bahwa KTP yang rusak ini tidak akan digunakan untuk persoalan politik oleh pihak manapun sehingga tidak ada kesan keberpihakan Disdukcapil kepada kepentingan politik pihak mana saja.

“Sebenarnya pemberitahuaan pemusnahan itu disampaikan secara mendadak oleh Dirjen Disdukcapil Pusat kepada kita, sehingga kita langsung melakukan pemusnahan,” terang Untung.

Lebih lanjut Untung mengatakan setiap KTP yang tidak digunakan atau rusak akan dilakukan pemotongan dan dimusnahkan dengan cara dibakar untuk memastikan supaya tidak bisa digunakan lagi oleh pihak manapun.

Tindakan ini merupakan antisipasi penyalahgunaan kartu identitas jelang Pemilihan Kepala Daerah serentak 2018 lalu dan Pemilihan Presiden serta Pileg di 2019 mendatang.

“Pemusnahan ini serentak dilakukan di seluruh Indonesia tepat pada pukul 14.00, dengan disaksikan oleh pihak Kepolisian serta intansi terkait dengan jumlah e-KTP yang dimusnahkan sebanyak 13.804 buah dengan perincian 13.604 e-KTP rusak dan 200 e-KTP Invalid.

Rusak yang dimaksud disini yakni ada perubahan elemen data seperti kerusakan fisik karena kesalahan cetak dan kesalahan data seperti penulisan nama, tempat tanggal lahir dan sebagainya.

Sedangkan Invalid karena meski blangkonya masih baru tetapi tidak bisa dipakai untuk cetak e-KTP karena chipmya rusak tidak bisa menyimpan data, bahannya mengelupas dan sebagainya,”tutup Untung.(Ndg)

Editor : Banu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here