Home Berita Unik Keunikan dan Mitos Bunga Wijaya Kesuma

Keunikan dan Mitos Bunga Wijaya Kesuma

167
0

PALEMBANG-(ANTERO SUMSEL)-Bunga wijaya kusuma yang bernama latin epiphyllum anguliger merupakan salah satu bunga langka yang saat ini sulit ditemukan di dunia.

Seperti salah satu pemilik tanaman bunga wijaya kesuma Sri Wariyani(54)mengatakan bahwa perawatan bunga ini harus teliti dan jeli untuk merawat bunga Wijaya Kesuma”tuturnya.

Menurut Sri Waryani,tanaman bunga wijaya kesuma ini sudah lama dipelihara,dan berbunga terus setiap waktu,meski ada saatnya. Bunga ini unik dan sangat istimewa”terangnya.

Bunga wijaya kusuma juga memiliki beberapa mitos dan faktanya yang unik yang mungkin bekum banyak diketahui oleh orang. Adapun mitos bunga kusuma wijaya dan fakta tersebut, antara lain.

Bunga wijaya kusuma yang bernama latin epiphyllum anguliger merupakan salah satu bunga langka yang saat ini sulit ditemukan di dunia. Bunga wijaya kusuma ini termasuk bunga yang dilindungi di suaka alam miliki Negara. Bunga yang memiliki ciri fisik yang unik ini biasanya tumbuh di daerah pantai dengan hidup menempel pada karang-karang besar.

Meskipun tanaman ini bernama wijaya kusuma dengan logat ala masyarakat Jawa setelah dibawa oleh para pedagang China, namun sebenarnya bunga ini berasal dari daratan Amerika Selatan, tepatnya di Negara Venezuela.

Bunga ini dulunya memang dibudidayakan secara masif, terutama di kalangan kerajaan sebagai tanda kedigjayaan dan kekuatan sang raja yang sedang memegang tahta kerajaan. Alasan lainnya kenapa bunga ini dibudidayakan secara masif ialah karena bentuk dan ciri morfologisnya yang sangat khas serta unik dibandingkan bunga-bunga lainnya.

Meskipun banyak yang menyebutkan bahwa bunga wijaya kusuma memang mekar di malam hari, tepatnya pada tengah malam, namun faktanya bahwa bunga ini justru sulit untuk diprediksi secara pasti kapan waktu pemekarannya.

Hanya saja memang banyak yang berpendapat bahwa bunga ini mekar di malam hari karena masih tergolong dalam jenis tanaman kaktus-kaktusan. Bahkan di saat mekar, bunga ini akan mengeluarkan aroma yang lebih harum daripada bunga sedap malam.

Bunga wijaya kusuma juga dipercaya dapat digunakan untuk bahan ramuan dalam mengobati dan menyembuhkan beberapa penyakit. Hal tersebut karena didukung dengan adanya kandungan khusus yang memang berkhasiat dan dimiliki oleh bunga wijaya kusuma sendiri.

Beberapa contoh khasiat yang dimiliki oleh bunga wijaya kusuma ialah dapat mengobati luka abses, menetralkan pembekuan darah serta meredakan rasa sakit yang disebabkannya, dan menghilangkan bisul.

Memiliki Hubungan Erat dengan Penguasa Masa Silam

Sebagaimana telah disebutkan sebelumnya bahwa bunga wijaya kusuma memiliki cerita atau mitos tersendiri di kalangan keraton Surakarta dan Yogyakarta. Hal tersebut bukannya tanpa dasar, namun dulunya memang dipercaya memiliki hubungan yang erat dengan raja-raja kerajaan Majapahit di masa silam.

Sedemikian sehingga masyarakat di sana mempercayai bahwa bunga wijaya kusuma memiliki kekuatan magis yang cukup besar karena memang sejak dulu raja-raja diwajibkan untuk memiliki sekuntum bunga wijaya kusuma yang diperolehnya dari hasil tanaman yang ditanamnya sendiri.

Mitos Tentang Mekarnya Bunga Wijaya Kusuma

Sebagian mitos mungkin sudah disebutkan di bagian awal pada artikel ini, termasuk mengenai mitos yang menyebutkan bahwa seseorang yang tanpa sengaja melihat bunga wijaya kusuma sedang mekar, maka orang tersebut akan mendapatkan kebaikan, rezeki yang berlimpah, kesehatan, dan hal-hal baik lainnya.

Secara ilmiah dan logika manusia, mitos ini memang tidak masuk akal, namun pada beberapa kejadianyang mungkin memang bersifat kebetulan, mitos tersebut memang terbukti terjadi dari beberapa kesaksian yang pernah diutarakan.

Banyak yang berpendapat bahwa bunga wijaya kusuma akan mekar secara sempurna pada pukul 12 malam disertai dengan baunya yang benar-benar harum. Dalam satu tangkai bunga atau kembang dapat berisi sekitar 10 kuntum, bahkan ada juga yang bisa mencapai 20 kuntum.

Karena dalam satu pohon terdapat banyak tangkai bunga atau kembang, maka dalam satu pohon bisa memunculkan ratusan kuntum bunga wijaya kusuma. Adapun bentuk bunga dari wijaya kusuma ialah seperti terompet dengan rona warna merah muda di sekitar tangkai bunga, tetapi ada juga bunga dari wijaya kusuma yang berwarna kuning, merah, dan oranye. Sedangkan untuk mahkotanya berwarna putih dan benang sarinya berwarna putih kekuningan.

Khasiat dan kandungan Bunga Wijaya Kusuma

Bunga wijaya kusuma yang dikenal memiliki khasiat khusus memang memiliki kandungan tersendiri yang mendukung khasiat tersebut, yaitu mengandung asam sitrat.

Kandungan kimia ini memang ampuh untuk dijadikan ramuan dalam pengobatan beberapa penyakit. Selain itu, bagian bunga pada wijaya kusuma juga mempunyai rasa manis dan bersifat netral.

Bunga wijaya kusuma memiliki manfaat dan khasiat yang dapat digunakan sebagai ramuan dalam pengobatan untuk mengobati serta menyembukan beberapa penyakit.

Demikian beberapa mitos bunga wijaya kusuma, fakta, kandungan, bahkan manfaat dan khasiat yang dimiliki oleh bunga wijaya kusuma, di mana khasiat yang dimilikinya sangat baik bagi kesehatan tubuh dalam menyembuhkan berbagai penyakit.(ril)

Editor : Banu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here