Home Berita Foto OKU Timur Siap Jadi Sentra Bawang Merah

OKU Timur Siap Jadi Sentra Bawang Merah

15
0

MARTAPURA – Tak hanya menjadi sentra produksi beras, Kabupaten OKU Timur kini mulai mengembangkan budidaya tanaman bawang merah.  Setidaknya sudah 50 hektare lahan dilakukan ujicoba tanaman bawang merah di 20 lokasi di seluruh kabupaten OKU Timur.

Dari pengembangan tanaman bawang merah itu, sebagian sudah melakukan masa panen. Salah satunya di lahan seluas empat Hektar di desa Karangendah Kecamatan Semendawai Suku III.

Panen bawang merah ini dihadiri langsung oleh Bupati OKU Timur HM Kholid MD, Kapolres OKU Timur Erlin Tangjaya SH S.I.K, Kodim 0403 Letkol Arm Agung Widodo, dan Seluruh OPD.

Dari hasil panen Selasa (5/11/2019), pengembangan budidaya tanaman bawang merah di OKU Timur cukup menjanjikan.  “Kita siap jadi sentral bawang merah di Sumatra Selatan bahkan nasional.  Karena kualitas bawang OKU Timur merupakan kualitas super dan mampu bersaing dengan Kabupaten Brebes,”  ujar Bupati di sela sela panen bawang merah.

Menurut Bupati, bawang merupakan bahan dasar dalam memasak apapun dan pasti sangat diperlukan.  Artinya, kebutuhan bawang merah di Indonesia tetap tinggi.  Dan bawan salah satu komoditi yang bisa mempengaruhi inflasi di Indonesia

“Budidaya bawang di Kabupaten OKU Timur sangat cocok, saat ini saja ada 50 hektar lebih lahan yang sudah ditanami bawang.  Dan saat ini kita panen seluas 4 hektar, dalam satu hektarnya petani bawang bisa panen 1,2 ton,” katanya.

Dan meski Kabupaten OKU Timur bukan daerah dingin seperti Brebes, tetapi tanaman jenis umbian seperti bawang bisa hidup, selagi masih tersedianya air. (*)

Editor : Anisyah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here