Home Lifestyle Culture Yuk..!! Populerkan Budaya Ngobeng-Ngidang Adat Palembang

Yuk..!! Populerkan Budaya Ngobeng-Ngidang Adat Palembang

148
0

PALEMBANG-(ANTERO SUMSEL)-Salah satu cultur budaya dan adat istiadat asli masyarakt Palembang tradisi Ngobeng dan Ngidang nyaris tergerus zaman.

Tradisi Ngobeng dan Ngidang ini biasanya digelar di acara pernikahan khas Palembang.

Untuk menyikapi hal ini Dinas Kebudayaan Kota Palembang, menggelar Rentak Melayu Tradisi Ngobeng dan Ngidang di Museum Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II, kemarin (26/11).

Pemerhati sejarah Kota Palembang, RM Ali Hanafiah menjelaskan tradisi ngobeng dan ngidang ini telah ada sejak masa kesultanan Palembang Darussalam dan tetap dilestarikan hingga saat ini.

Cuma memang kini tradisi ini sudah mulai ditinggalkan dan masyarakat Palembang ingin memilih yang lebih praktis. Diganti dengan prasmanan atau dikenal dengan makan Prancisan,” sebut Mang Amin (sapaan karib RM Ali Hanafiah,red) ini.

Di kesempatan ini pula, Mang Amin menginformasikan kemarin (26/11) bertepatan dengan haul (hari wafatnya) Sri Sultan SMB II yang ke-167 tahun.

‘Tepat hari ini tanggal 26 November 1852 beliau (SMB II) wafat dalam pengasingannya di Ternate.

Kami berharap semoga ini bisa dijadikan kalender rutin oleh Pemkot Palembang sebagaiman halnya haul para ulama-ulama besar Palembang,” imbuh Mang Amin.

Walikota Palembang diwakili Staf Ahli Bidang Pendapatan Daerah, Keuangan Hukum dan HAM, Altur Febriansyah,SH,M.Si menyatakan filosofi ngobeng dan ngidang ini selaras dengan program Pemkot Palembang yakni gotong royong.

“Diharapkan ini bisa dijadikan sebagai wahana untuk melestarikan tradisi agar nilai-nilai luhur yang terkandung di dalamnya tidak luntur oleh pengaruh luar,” pinta Altur.

Sebelumnya, Kadis Kebudayaan Kota Palembang Zanariah mengajak warga Palembang agar mengenalkan dan mengangkat kembali budaya asli Palembang ini.

Tahun depan kita akan daftarkan Ngidang dan Ngobeng ini sebagai Warisan Budaya Tak Berbenda. Untuk itu kami mohonkan dukungan kita semua agar ini bisa diwujudkan,”tutupnya.(Kms)

Editor : Anisyah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here