Home Sumatera Selatan LAHAT 8 Gajah dibawa ke Hutan Suaka Alam Isau-Isau

8 Gajah dibawa ke Hutan Suaka Alam Isau-Isau

55
0

LAHAT-(ANTERO SUMSEL)-Delapan gajah sumatera berjenis kelamin betina di kembalikan ke hutan suaka alam isau isau lembah serelo Kabupaten lahat.

Sebelumnya kedelapan gajah betina ini sempat diungsikan akibat sering terjadi perambahan hutan oleh sekelompok warga diarea hutan suaka alam isau isau lembah serelo Kabupaten lahat.

Konflik berlajut hingga puncaknya terjadi pengrusakan kantor oprasional sekolah gajah dan pemukulan oleh warga terhadap petugas yang sedang berada dilokasi pada 4 maret 2019 lalu.

Sebelum terjadi pengerusakan dan pemukulan petugas BKSDA di lokasi sekolah gajah isau isau, petugas gabungan Tripika beserta pihak bksda mencabut ratusan bibit karet yang ditanam oleh warga di dalam lahan konservasi.

Usai aksi pengerusakan dan pemukulan perambahan hutan konservasi terus dilakukan warga, hingga akhirnya polisi mengamankan sejumlah pelaku dan menjalani proses hukum.

Melihat situasi yang dianggap tidak kondusif akhirnya pada 20 maret 2019 pihak BKSDA Lahat mengevakuasi 8 dari 10 gajah ke hutan suaka sebokor jalur 21 Kabupaten Banyuasin lengkap dengan 8 pawangnya.

Diterangkan Martialis, Kepala wilayah BKSDA Lahat menjelaskan 8 gajah yang didatangkan pada rabu (27/11) merupakan gajah yang sebelumnya diungsikan ke hutan suaka sebokor jalur 21 banyu asin.

“Tak ada kendala ya, gajah tenang saat pemberangkatan diperjalanan dan hingga sampai ke hutan suaka isau isau” jelas martialis singkat.kedelapan gajah betina ini diangkut menggunakan truk.(ltr)

berikut daftar nama gajah yang terdaftar di BKSDA Lahat

1 ardo 28 jantan (tidak dungsikan)
2 ely 25
3 tiara 27
4 tika 25
5 korina 33
6 sipon 28
7 elpi 28
8 kalangi 27
9 nensi 42 (tidak diungsikan)
10 Linda 28

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here