Home Sumatera Selatan Pemerintah Harus Optimalkan Temuan Sumur Minyak Skala Dunia di MUBA

Pemerintah Harus Optimalkan Temuan Sumur Minyak Skala Dunia di MUBA

28
0

PALEMBANG-(ANTERO SUMSEL)-Butuh keseriusan dari pemerintah baik pusat maupun Provinsi untuk mengoptimalkan pemanfaatan minyak dan gas setelah ditemukan sumur minyak skala dunia di Kabupaten Musi Banyuasin.

“Sekitar tujuh bulan lalu tepatnya di Saka Kemang Kabupaten Muba ada sumur bor terbesar di dunia. Sejauh ini sudah masuk tahap ekplorasi. “Setelah itu akan dikelola untuk dimanfaatkan sumur tersebut,” kata Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Provinsi Sumatera Selatan H Robert Heri saat ditemui di ruang kerjanya Rabu (27/11).

Ia mengatakan setelah beberapa tahun sempat menurun. Akhirnya dunia pertambangan kembali menemukan cadangan minyak yang memiliki jumlah trilyunan barel minyak di dalamnya.

Tentu saja selain menyerap lapangan pekerjaan. Pastinya akan menambah devisa negara cukup besar. “Cadangan minyak di Muba ini akan habis sampai puluhan bahkan ratusan tahun mendatang,” ucapnya.

Selain itu ia mengatakan, bahwa pemerintah saat ini sedang menekankan pengembangan pertambangan hilirisasi. Dimana produk hasil tambang yang selama ini langsung di ekspor keluar.

Hendaknya bisa diolah kembali sehingga bernilai jual tinggi. Seperti contoh batubara, harusnya bisa diolah dan dipakai oleh PLN sebagai pembangkit listrik skala besar, serta juga dapat dijadikan bahan bakar bagi industri dalam negeri yang memiliki skala industri besar.

Jika hal ini dapat terwujud maka tentu saja hasil pertambangan di bidang batubara meningkat secara drastis. Tentu saja di lain sisi jumlah tenaga kerja yang dibutuhkan untuk mengolah batubara ini akan banyak.

“Jadi begitu kita ambil dari tambang tidak semua kita jual. Sebagian harus diolah sehingga impor kita juga akan berkurang dan pendapatan kita bisa meningkat,” jelasnya.(Rif)

Editor : Anisyah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here