Home Sumatera Selatan MUARA ENIM Pemkab Muara Enim Optimalkan Penanganan Wabah Covid 19

Pemkab Muara Enim Optimalkan Penanganan Wabah Covid 19

55
0

MUARA ENIM-(ANTERO SUMSEL)-Penanganan terhadap bencana non alam atau wabah Covid 19 di kabupaten Muara Enim harus optimal dan tepat sasaran. Hal ini diungkapkan oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan (Perekobang), Amrullah Jamaluddin, SE saat memimpin Rapat Koordinasi dan Evaluasi Bidang Logistik Tim Gugus Tugas Covid-19 kabupaten Muara Enim, Selasa (28/04/2020) di Ruang Rapat Bappeda Muara Enim.

Pada Rakor itu Amrullah mengatakan penanganan Covid-19 di Kabupaten Muara Enim harus dilaksanakan dengan optimal, terlebih lagi bidang logistik yang mana penyaluran bantuan logistik ke masyarakat harus sesuai baik dari segi pengurusan administrasi, distribusi hingga penerima logistik tersebut ke masyarakat agar tepat sasarannya.

“Ada 3 aspek dalam bidang logistik, Pertama persiapan alat kesehatan, Kedua melaksanakan mobilisasi Sumberdaya Daerah, Ketiga mempersiapkan logistik peralatan darurat Sumberdaya Daerah (Pembukaan Dapur Umum, Pasar Murah dan bantuan sosial lainnya). Maka itu semua ini harus optimal dan sesuai baik dari segi pengurusan administrasi, distribusi hingga penerima logistik tersebut ke masyarakat agar tepat sasarannya,”ungkapnya.

Kemudian Amrullah menambahkan untuk logistik berupa bahan pangan akan dijadikan sebagai extra puding yang akan disalurkan kepada petugas Tim Gugus Tugas Covid-19 yang ada di posko-posko dalam Kabupaten Muara Enim.

“Terkait bahan oangan hendaknya dijadikan extra puding dan disalurkan kepada petugas di Posko-posko Covid 19,” harapnya.

Selanjutnya terkait dengan masalah pemakaman bagi pasien terindikasi Covid-19, Amrullah mengatakan Pemerintah Muara Enim telah menyediakan sementara 15 lobang pemakaman yang bertempat di Blok A Bangko berlokasi di tanah milik PT. Bukit Asam Tbk.

“Jikalau ada pasien terimdikasi Covid 19 kita telah menyiapkan 15 lobang pemakaman pasien Covid di Blok A Bangko di tanah Milik PTBA. Sementara itu untuk proses penggalian lobang kiranya PTBA menyerahkan sepenuhnya kepada Pemkab Muara Enim,” urainya.

Lebih lanjut Amrullah juga mengatakan untuk permasalahan penanganan Covid-19 hendaknya di koordinasikan lagi kepada Juru Bicara Covid-19 Kabupaten Muara Enim untuk mendapatkan detail yang Iebih terperinci terkait Covid ini.

“Segala sesuatunya hendaknya dikoordinasikan ke Jubir Covid terutama untuk mendapatkan detail yang lebih terperinci setiap permaslaahan yang ada didalam penanganan Covid 19 ini,” lanjutnya.

Sementara itu Perwakilan BPBD Muara Enim selaku yang membidangi bagian logistik mengatakan bantuan logistik yang masuk ke Pemerintah sebagian sudah diterima dari pihak perusahaan yang ada di Kabupaten Muara Enim, maka itu pihaknya berharapbterkait penyalurannya jangan sampau ada tumpang tindih didalam pelaksanaannya.

“Berbagai bantuan dari pihak ketiga baik perusahaan maupun pihaknlainnya sudah kita terima. Namun semua kesiapan dari segi administrasi dan data hendaknya akurat hingga tidak terjadi tumpang tindih dikemudian harinya,” tegasnya.

Sedangkan mengenai logistik bahan medis dan non medis, Kadinkes Muara Enim Vivi Mariani menyampaikan untuk ketersediaan logistik tersebut sudah terpenuhi untuk satu bulan ini.

“Keterkaitan dengan logistik medis maupun non medis untuk satu bulan kedepan mencukupi,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here