Beranda Sumatera Selatan OKU Baru 5.084 Kartu Tani di OKU Terverifikasi

Baru 5.084 Kartu Tani di OKU Terverifikasi

17
0

OKU-(ANTERO SUMSEL)- Dari target 18.804 keping Kartu Tani pencetakanya baru terealisasi sebanyak sebanyak 14.235 keping kartu tani,dari jumlah tersebut yang sudah terverifikasi sebanyak 5.084 keping kartu tani.

Diterangkan Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Holtikultura Kabupaten OKU, Joni Saihu bahwa pada tahun ini pihaknya menargetkan mencetak sebanyak 18.804 Kartu Tani untuk para petani yang sudah terdata di wilayah setempat guna mempermudah mendapat pupuk bersubsidi” katanya.

Dari jumlah tersebut, kata dia, saat ini tercatat sebanyak 14.235 keping Kartu Tani yang sudah dicetak melalui Bank BNI Baturaja, Kabupaten OKU.

“Jumlah tersebut kartu tani yang sudah terverifikasi yaitu sebanyak 5.084 keping Kartu Tani. Fungsi Kartu Tani ini untuk mempermudah para petani dalam mendapat pupuk bersubsidi dengan harga terjangkau.
“Data 5.084 keping kartu tani ini adalah data sebelumnya saat kita launching kemarin,dan sekarang jumlah yang terverifikasi sudah bertambah Dan dia tak menyebutkan secara rinci berapa data penambahan secara rinci penambahan kartu tani yang telah diferivikasi’saat dihubungi via selularnya.

“Diakui Joni bahwa data 5.084 kartu tani yang terferivikasi itu saat launching,sekarang sudah ada peningkatan 70 persen. “Sambung Joni beberapa kendalanya antara lain adalah petani lambat menyetorkan/mengembalikan data-data yang diminta pihak Bank. Solusinya adalah kita perintahkan petugas lapangan kita(PPL) untuk upaya jemput bola door to door. Sehingga dibulan Desember ini semua bias terferivikasi.

Petani tinggal membawa Kartu Tani ke agen atau pengecer yang telah ditunjuk untuk mendapat pupuk bersubsidi untuk tanaman. “Kemudian kartu tani digesek pada mesin EDC di kios untuk melakukan pembelian pupuk subsidi sesuai dengan kebutuhan,” jelasnya. Selain itu, lanjut dia, Kartu Tani juga berfungsi sebagai kartu debet dan alat transaksi penjualan hasil panen.”Target kami per 1 Januari 2021, seluruh petani harus sudah menggunakan Kartu Tani’tutupnya.(Noe)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here