Beranda Sumatera Selatan MUARA ENIM Forum BPD se-Kabupaten Muara Enim Tuntut Kenaikan Tunjangan

Forum BPD se-Kabupaten Muara Enim Tuntut Kenaikan Tunjangan

26
0

MUARA ENIM-(ANTERO SUMSEL)- Sebanyak 22 orang perwakilan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) se-Kabupaten Muara Enim Provinsi Sumatera Selatan yang tergabung dalam Forum Komunikasi Badan Permusyawaratan Desa (FK BPD) Kabupaten Muara Enim tuntut kenaikan tunjangan BPD setara perangkat desa dan kenaikan dana operasional BPD.

Hal ini disampaikan saat audiensi FK BPD dengan Plt Bupati Muara Enim H Juarsah SH didampingi Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Muara Enim Drs H Emran Thabrani MSi, bertempat di Ruang Rapat Pemkab Muara Enim.

“Kita berharap melalui silaturahmi dan audiensi dengan Plt Bupati Muara Enim keinginan dan harapan dari BPD se-Kabupaten Muara Enim bisa diakomodir seperti kenaikan tunjangan BPD setara perangkat desa dan kenaikan dana operasional BPD,” tutur Ketua FK BPD Kabupaten Muara Enim Zainuri.

Saat ini, terang Zainuri, tunjangan BPD untuk anggota hanya sebesar Rp750 ribu per/bulan. Dibandingkan dengan perangkat desa sangat jauh, dimana honornya mencapai Rp2,5 juta per bulan. Padahal tugas dan fungsi BPD sangat vital dan merupakan Mitra pemerintah desa dalam mewujudkan masyarakat desa yang sejahtera dan maju.

“Dalam waktu dekat, kita juga akan mengirimkan surat untuk beraudiensi dengan DPRD Muara Enim untuk bisa membantu memperjuangkan tuntutan kita,” ucap Zainuri.

Sementara itu, Plt Bupati Muara Enim H Juarsah SH didampingi Kepala BPMPD Drs H Emran Thabrani MSi mengucapkan terima kasih atas kehadiran perwakilan BPD se-Kabupaten dalam bersilaturahmi dan menyampaikan aspirasinya.

“Untuk kenaikan tunjangan dan operasional BPD akan segera kita bahas dengan instansi terkait dalam hal ini BPMPD,” ucap Juarsah.

Untuk kenaikan tunjangan telah dianggarkan tahun 2021 sebesar 15 persen. Dan akan dibahas kembali terkait pertemuan ini. Kedepan, untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) BPD akan diadakan Bimtek atau pembekalan. Karena saat ini, sekitar 80 persen BPD merupakan wajah baru. Sehingga perlu pembekalan.

“Kita berharap Pemerintah desa dan BPD dapat saling mendukung dan menjadi mitra yang baik dalam membangun desa dan mewujudkan Muara Enim untuk Rakyat,” harapnya.(ril)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here