Beranda Info Palembang ASN dan Tenaga Kesehatan Pemkot Palembang Target Awal Vaksinasi Covid

ASN dan Tenaga Kesehatan Pemkot Palembang Target Awal Vaksinasi Covid

2961
0

PALEMBANG-ANTERO SUMSEL-Sejumlah 19.080 vial vaksinasi Covid 19 buatan Sinovac telah tiba di gudang penyimpanan vaksin Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) jalan Mayor Salim Batubara Sekip Pangkal Palembang, Senin (4/1/2021) pagi.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Palembang Ratu Dewa mengatakan,vaksinasi itu nantinya akan di prioritaskan untuk tenaga pelayanan kesehatan dan pelayanan publik yang tersebar di Kota Palembang.

“Sekarang masih pendataan, besok vaksin sampai ke Palembang,” kata Rațu Dewa, Senin (4/1/2021).

Mereka, kata Ratu Dewa mulai dari tenaga medis dan pelayanan publik ini, tersebar di Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintaha Kota (Pemkot) Palembang, yakni Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil), Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bari, Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) dan Dinas Kesehatan serta setiap puskesmas dan pustu yang ada.

Terkait masih adanya ketakutan akan pengunaan vaksin tersebut, jelas Ratu Dewa, masyarakat dan pegawai akan diberikan sosialisasi serta pengetahuan dari Dinkes Palembang.

“Dari sekarang Dinkes minta sosialisasi, pembinaan tidak bersifat pemaksaan dan edukasi,” ungkapnya.

Sementara itu,Pelaksana tugas (Plt) Kepala Bidang (Kabid) Kesehatan Masyarakat (Kesmas) Dinas Kesehatan Kota Palembang, Dr. Mirza Susanty SpKKLP, menjelaskan, proses vaksinasi akan dimulai 14 Januari mendatang.

“Data sasaran nakes dan non nakes di faskes yang sudah dientry ke aplikasi SISDMK sejumlah 14.604 sampai kemarin 3 jan 2021,” ungkapnya.

Santy menjelaskan, bahwa hari ini Senin (4/1/2021) , vaksin covid-19 sudah sampai di gudang farmasi Provinsi Sumsel. Pada tahap awal Kota Palembang akan mendapatkan 19.080 vial, yang mulai diambil jam 13.00-16.00 WIB.

“Ini akan disimpan di gudang farmasi Dinas Kesehatan Kota Palembang,” ujarnya.

Adapun Rencana penyuntikan sebagai berikut, Sasaran penyuntikan adalah tenaga kesehatan yang sudah mendapatkan SMS blast dari Peduli Lindungi, Lokasi pelaksanaan vaksinasi covid-19 saat ini yang sudah diberi hak akses layanan ada 41 puskesmas dan 19 RS data ini akan terus bertambah.

“Untuk sisa vaksin dari total 19.080 kami masih menunggu data sasaran mbak melalui aplikasi peduli lindung, Walikota belum dapatkan konfirmasi,” terangnya.(ril)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here